DSI Tampil pada Festival Budaya Saman 2019

DSI Tampil pada Festival Budaya Saman 2019

  News

BLANGKEJEREN - Festival Budaya Saman dan Gayo Alas Mountain Festival (GAMIFest) yang dibuka pada Senin 19 Agustus 2019 dimeriahkan oleh penampilan 17 group saman, diantaranya adalah Duta Saman Institute (DSI). "Ini salah satu bentuk melestarikan budaya saman yang selama ini sudah diakui sebagai salah satu warisan budaya takbenda dunia," sebut Bupati Galus, M Amru kepada Serambinews.com, Kamis (15/8/2019). Peserta festival saman dari sejumlah kabupaten/kota yang sudah mendaftar, yakni dari Banda Aceh dengan nama group Duta Saman Institute (DSI) Cabang Banda Aceh.

https://youtu.be/Jb7r0-20sII

Kemudian dari Kabupaten Aceh Tengah (Perantonengia), selanjutnya dari Aceh Tenggara dengan nama group Tune Mude. Selanjutnya dari Aceh Timur nama groupnya Bunin, lalu dari Aceh Tengah dengan nama group Gelingan Raya. Kemudian dari Aceh Besar, nama groupnya Seurungkeng Meuligo, selanjutnya dari Pidie dengan nama group Pusaka Nanggroe. Sementara dari Kabupaten Gayo Lues sendiri akan menampilkan saman dengan nama group masing-masing, Pertik Jaya (Desa Pertik), group Bujang Serbang, Kecapi Leuser, Kampung Pertik, Ari Lempuh, dan group Beringin Sejuk dari Rikit Gaib. Total Ada 17 group saman akan tampil pada festival saman roa lo roa ingi (dua hari dua malam tersebut, dan setiap group saman dimainkan oleh 13 penari dari kaum laki-laki.(*)


Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul 17 Grup Saman Akan Tampil pada Festival Budaya Saman di Galus, Ini Nama-nama Grupnya, https://aceh.tribunnews.com/2019/08/16/17-grup-saman-akan-tampil-pada-festival-budaya-saman-di-galus-ini-nama-nama-grupnya. Penulis: Rasidan, Editor: Taufik Hidayat

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook

Kontak

Subscribe

Back to Top